Minggu, 18 Oktober 2009

TUGAS RINGKASAN-5 (RIAN ARDIYANTO-41407010011)

KONSEP LAYANAN INFORMASI UNTUK PASIEN DI SUATU RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN SMS

Pada jurnal ini memaparkan tentang konsep layanan yang berbasiskan SMS (short message service) yang dapat melayani informasi registrasi pendaftaran pasien dan informasi bagi pasien di suatu rumah sakit dengan harapan pendaftaran pasien bisa dilakukan dengan menggunakan sarana layanan sms sehingga memudahkan pasien untuk berobat serta dapat memperoleh informasi jadwal praktek dokter yang bersangkutan di suatu Rumah Sakit.

Pada saat ini jika ingin berobat maka kita harus mendaftar terlebih dahulu. Konsep layanan registrasi pendaftaran pelayanan pasien pada suatu Rumah Sakit dengan menggunakan layanan SMS. Kelebihan dari layanan SMS ini, pasien yang ingin berobat tidak perlu datang langsung ke tempat pelayanan kesehatan pada suatu Rumah Sakit, karena layanan ini dapat melayani registrasi pendaftaran pasien melalui SMS, kemudian langsung direspon secara otomatis dengan mengirimkan balasan SMS dari suatu layanan informasi yang telah terintegrasi dengan layanan sarana SMS di suatu rumah sakit. Balasan SMS berupa nomor urut pasien dan waktu kapan pasien tersebut akan dilayani oleh dokter serta juga pada layanan ini pasien dapat memberikan masukan dan saran kepada pihak rumah sakit untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada pasien terhadap rumah sakit tersebut. Disamping itu dalam konsep ini juga membuat sistem informasi untuk mengetahui jadwal praktek dokter melalui sms, dan penerimaan saran dan masukan dari pasien untuk perbaikan peningkatan layanan kesehatan di suatu rumah sakit.


DAFTAR PUSTAKA

1.Khang, Ir. Bustam, “Trik Pemrogaman Aplikasi Berbasis SMS”, Elex Media Komputindo, Jakarta 2002.
2.Petroutsos, Evangelos, “Pemrogaman Database dengan Visual Basic 6”, Elex Media Komputindo, Jakarta 2002.
3.Dharma Oetomo, Budi Soetedjo & Handoko, Yosia, “ Teleakses Database Pendidikan Berbasis Ponsel”, Penerbit Andi, Yogyakarta 2003.
4.Karuturi, Subrahmanyam, “SMS Tutorial”, www.funsms.net, 2002.

Link:
www.stttelkom.ac.id+jurnal&ei=rRnYSrTjB9efkQXZk5nWCA&usg=AFQjCNHGLJ6lglIAiz_bvvm-SBD0UE8KdQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar