Minggu, 18 Oktober 2009

Simulasi Busur Api (ARC) Pada Pemutus Daya (Circuit Breaker) Dengan Menggunakan Program Matlab Simulink

Simulasi Busur Api (ARC) Pada Pemutus Daya (Circuit Breaker) Dengan Menggunakan Program Matlab Simulink

Osea Zebua1 dan Henry B.H. Sitorus 1
Dosen Jurusan Teknik Elektro FT Universitas Lampung

Abstrak–
Pada saat CB (circuit breaker) melakukan pemutusan arus, akan terjadi busur api. Sebelum arus terputus, arus gangguan mengalir antara kontak-kontak circuit breaker. Akibat resistansi kecil dari kanal circuit breaker, arus mengakibatkan tegangan baru pada kontak-kontak CB yang disebut tegangan busur api. Busur api bertindak sebagai resistansi nonlinier. Pada makalah ini dibahas simulasi busur api yang terjadi pada CB dengan menggunakan program Matlab Simulik.
Fenomena busur api dimodelkan dengan menggunakan model Schavemaker dan sebagai pembanding digunakan model Mayr. Simulasi dilakukan dengan nilai daya pemadaman P0=10 MW, konstanta waktu t=1.10-5 detik, konduktansi awal g(0)=1.104 Siemens, konstanta daya pemadaman P1=0,995 pemisahan kontak (kontak terbuka pada waktu 0 detik dan nilai tegangan busur api sebelum kontak dibuka atau dipisah Uarc adalah nol.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa kondisi zero crossing didapat sebelum setengah dari periode gelombang arus yakni 0,0098 detik ( 50 Hz = 0,02 detik). Simulasi dilakukan untuk waktu buka CB yang berbeda-beda. Semakin cepat atau semakin lama CB dibuka dalam waktu setengah perioda menghasilkan nilai puncak tegangan busur api atau tegangan pulih transien yang semakin besar. Hal ini mesti diperhatikan dalam pendisainan kontrol waktu buka CB.

Eki Hardi Saputro (41407010004)

1 komentar: