Senin, 19 Oktober 2009

IDENTIFIKASI PARAMETER MENGGUNAKAN METODE ADVANCEDBODE DIAGRAM (Tugas 3)

Diagram Bode atau Diagram logaritmik merupakan suatu fungsi alih sinusoida yang terdiri dari dua buah grafik yang terpisah. Satu merupakan diagram dari logaritma dari besar fungsi alih sinusoida (magnitude), dan yang satunya lagi merupakan diagram sudut phasa. Keduanya digambar terhadap frekuensi dalam skala logaritmik.

Kelebihan utama penggunaan diagram logaritmik adalah bahwa perkalian dapat diubah menjadi penjumlahan. Selanjutnya, dengan menggunakan suatu metode yang didasarkan pada pembuatan asimtot, dapat dibuat sketsa kurva besaran log pendekatan.

Dalam melakukan suatu Identifikasi Parameter dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya yang sudah di kenal adalah dengan Teknik Adaptive. Tenik adaptive ditinjau dari segi matematis memang sangat rumit. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Bode Diagram.

Bode Diagram merupakan salah satu teknik dalam respon analisis untuk mendeteksi magnitude dan phasa dari sistem jika diberi input sinusoida. Teknik ini dapat memprediksi Transfer Function dari sistem yang diberi input sinusoida melalui proses analisa gambar Diagram Bode. Kemudian transfer function yang diperoleh dicek kembali, apakah sudah dengan aslinya atau tidak. Sehingga identifikasi parameteryang dihasilakan dapat digunakan untuk mengontrol sistem dengan tepat.

Sebuah konstanta yang lebih besar dari satu maka mempunyai harga positif, sedangkan konstanta yang lebih kecil dari satu maka mempunyai harga negative.
Rangakaian yang berfungsi sebagai function generator yang terdiri dari DAC dan VCO, serta rangkaian Peak detector, ADC, dan Mikrokontroler MCS-51.

Daftar Pustaka

Coughlir,, Robert F. dan Driscall, Frederick F. Operasional Amplifiers dan Linear Integrated Circuit Second Edition. New Jersey: Prentice-hall,1982

Honeycut, Richard A. Op Amps dan linier integated circuit Canada: Nelson Canada,1988



Jawab Pertanyaan:

Alif Ghazali (41407010009)
1.Jelaskan rangkaian peak detector?
Rangkaian peak detector adalah rangkaian yang terdiri dari hubungan seri sebuah dioda dengan kapasitor yang menghasilkan output, secara teori, berupa tegangan DC yang sama dengan amplitudo puncak (Vp) tegangan AC sebagai input. Tetapi karena dioda yang ada tidaklah ideal maka tegangan output DC yang dihasilkan adalah hasil pengurangan dari amplitudo puncak tegangan AC sebagai input dengan tegangan buka dioda sebesar 0,7V.

Mefifa (41407010023)
2.Jelaskan apa yang dimaksud dengan bode diagram?
Diagram Bode merupakan suatu fungsi alih sinusoida yang terdiri dari dua buah grafik yang terpisah. magnitude, dan yang satunya lagi merupakan diagram sudut fasa.

Fitran (41408010004)
3.Bisa menggunakan teknik yang lain atau tidak?
Tidak bisa, karena apabila menngunakan teknik yang lain rangkaian ini tidak bisa digunakan/berfungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar