Minggu, 04 Oktober 2009

Kompetisi Robot Nasional di UI

Sriwijaya Post - 8 Februari 2009

JAKARTA, SABTU — Dies Natalis Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Sabtu (7/2), dimeriahkan kompetisi robot tingkat nasional. Selain itu juga digelar kompetisi pembuatan software untuk siswa SMP dan SMA, pameran produk riset UI dan talkshow Broadband Internet for Better Education dan Indonesia Goes e-learning, bertempat di Balairung UI, Depok.

Deputy Director Corporate Communications UI Devie Rahmawati mengatakan, kompetisi bertaraf nasional ini memberikan kesempatan kepada pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum untuk dapat menikmati keunggulan teknologi melalui robot LEGO Mindstorms NXT.

NXT merupakan penyempurnaan dari robot lego seri RIS (Robotic Invention System) yang telah sukses di pasaran. "Seri NXT merupakan seri robot yang lebih ramah dan relatif mudah untuk digunakan tanpa harus merekayasa sirkuit maupun memasang motor sendiri seperti generasi pendahulunya," katanya.

Penyelenggaraan yang diprakarsai oleh Lab Computational Intelligence divisi Robotic Research, Fasilkom UI, ini bertujuan agar terdifusinya teknologi robot kepada kalangan masyarakat yang lebih luas serta memberikan kesempatan bagi peserta untuk melatih logika sekaligus menyelesaikan masalah (problem solving).

Peserta selama dua hari sebelum penyelenggaraan kompetisi memperoleh pembekalan mengenai Mindstorms NXT dan mekanisme kompetisi. Kompetisi menampilkan 12 tim yang terdiri dari 3 orang, dari 400 pendaftar, untuk dapat menyelesaikan soal yang diberikan dengan menggunakan robot. Tugas yang harus diselesaikan oleh masing-masing tim di antaranya pencapaian posisi target yang memiliki nilai.

Menurut Devie, Universitas Indonesia menyadari penuh akan arti pentingnya pengembangan teknologi berbasis robot. Hal ini dibuktikan dengan konsistensi penyelenggaraan kompetisi (UI yang mempelopori Kontes Robot Cerdas Indonesia) dan serangkaian program pengembangan aplikasi robot.

"Robot" yang berasal dari bahasa Chech (Ceska), yang berarti pekerja ini, telah banyak dimanfaatkan oleh industri-industri dunia dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas berbagai aktivitas kerja manusia. Berbagai manfaat, seperti mengurangi faktor human error dan produksi berbagai produk massal, merupakan sebagian kecil dari pemanfaatan robot dewasa ini.

Kompetisi ini dilaksanakan dengan harapan agar aplikasi teknologi robot semakin dekat di tengah masyarakat. Lab Computational Intelligence divisi Robotic Research juga fokus terhadap perkembangan publikasi riset dan jurnal ilmiah.

Lab yang diketuai oleh Dr Wisnu Jatmiko, M Eng, ini dalam perjalanannya telah menghasilkan 24 jurnal ilmiah internasional, 20 jurnal ilmiah nasional, serta berpartisipasi, baik dalam berbagai konferensi nasional, maupun internasional.

Dalam upaya mensyiarkan perkembangan robot, lab ini tengah mempersiapkan 4 buku acuan mengenai dunia robot yang dua di antaranya akan diterbitkan dalam bahasa Inggris. "Ini menunjukkan bahwa daya serap terhadap teknologi tinggi tidak hanya menjadi monopoli negara-negara maju," jelas Devie.

Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar