Selasa, 01 Desember 2009

TUGAS RINGKASAN 9 (RIAN ARDIYANTO / 41407010011)

Aplikasi Security Surveillance System Menggunakan Webcam dan HP dengan Fasilitas General Packet Radio Services dan MMS

Andreas Handojo1, Resmana Lim2, Sugianto1

1 Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra

2 Fakultas Teknologi Industri , Jurusan Teknik Elektro, Universitas Kristen Petra

Email: handojo@peter.petra.ac.id, resmana@peter.petra.ac.id

Jurnal ini berisi tentang pemanfaatan teknologi General Packet Radio Servis sebagai aplikasi security surveillance sistem dengan menggunakan webcam dan hp yang memiliki fitur Multimedia Messaging Service (MMS). Handphone telah berubah dari alat telekomunikasi biasa menjadi alat serba guna yang mempunyai berbagai fasilitas seperti hubungan internet, pengiriman gambar, bermain game, memutar lagu, dsb. Teknologi handphone telah mendukung layanan MMS dan GPRS. Dengan fasilitas MMS maka pemilik handphone tersebut dapat menerima informasi dengan lebih lengkap karena MMS dapat mengirim data berupa gambar, suara dan teks sekaligus.

Cara kerjanya adalah sebagai berikut: ketika didalam ruangan terdapat perbedaan kondisi. maka motion detection menangkapnya sebagai sinyal input. kemudian mengirimkan ke sistem untuk diolah. Apabila hasil yang didapat melebihi threshold maka webcam mengcapture gambar tersebut untuk selanjutnya disimpan pada komputer. Dari komputer, data tadi di konvert untuk dikirimkan melalui handpone transmitter. Setelah itu kita tinggal menunggu pesan masuk yang berupa MMS kembali.

Dari hasil beberapa kali pengujian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan yaitu semakin cepat gerakan maka semakin sulit terdeteksi oleh motion detection. jika nilai threshold diturunkan maka motion detection mendeteksinya semakin cepat.

link : http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/elk/article/view/16298/16290

Tidak ada komentar:

Posting Komentar