Selasa, 01 Desember 2009

Prinsip Kerja dan Aplikasi Motor Induksi Satu Fasa (Tugas 8)

Prinsip Kerja dan Aplikasi Motor Induksi Satu Fasa

Posted June 29th, 2009 by Nuruhli Shalihah
Teknik Tenaga Listrik

Konstruksi motor induksi terdiri atas dua komponen yaitu stator dan rotor. Stator adalah bagian dari motor yang tidak bergerak dan dicatu dengan tegangan listrik bolak balik. Rotor adalah bagian yang bergerak yang bertumpu pada bantalan poros terhadap stator dan tidak dicatu. Motor induksi terdiri atas kumparan-kumparan stator dan rotor yang berfungsi membangkitkan gaya gerak listrik akibat dari adanya arus listrik bolak-balik yang melewati kumparan-kumparan tersebut sehingga terjadi suatu interaksi induksi medan magnet antara stator dan rotor.
Pada motor induksi tiga fasa, ketika stator dicatu dengan tegangan AC 3 fasa, maka pada kumparan-kumparan stator akan timbul suatu medan putar. Flux yang dihasilkan oleh medan putar ini akan memotong kumparan-kumparan pada rotor dan menimbulkan arus induksi pada rotor. Arus induksi yang mengalir ini akan mengakibatkan timbulnya medan pada rotor. Interaksi medan rotor dengan medan putar pada stator ini menimbulkan suatu torsi yang menyebabkan rotor berputar searah dengan arah medan putar stator.
Pada motor induksi satu fasa, hanya terdapat satu kumparan pada bagian statornya. Ketika stator dicatu dengan tegangan AC satu fasa maka pada stator tidak timbul suatu medan magnet putar, tetapi menimbulkan 2 medan putar yang sama tetapi memiliki arah yang berbeda. Hal ini tetap dapat menimbulkan arus induksi pada rotor, akan tetapi dengan adanya 2 medan putar yang sama dengan arah yang berlawanan, rotor tidak dapat berputar tetapi hanya bergetar.

Meiz Allfarizy (41407010019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar