Minggu, 06 Desember 2009

Tugas Ringkasan 10 (Reyhan Aulia Ega Tama / 41407010013)

Perancangan Kapasitor Jalan untuk Mengoperasikan Motor Induksi 3-Fasa pada Sistem Tenaga 1-Fasa



ABSTRAK
Metode pengoperasian motor induksi 3-fasa pada sistem tenaga listrik 1-fasa dengan menggunakan kapasitor telah
berkembang dengan baik. Metode ini digunakan karena mempunyai respon kecepatan yang cepat pada motor, arus start
yang kecil dan perbaikan faktor daya hingga mendekati satu. Karakteristik motor saat beroperasi tergantung dari letak dan
nilai kapasitor jalan yang digunakan pada motor. Penelitian ini dimaksudkan untuk membuatkan metode baru dalam
meletakkan dan memilih kapasitor jalan untuk mengoperasikan motor induksi 3-fasa pada sistem tenaga listrik 1-fasa. Data
motor yang digunakan adalah motor induksi 3-fasa 1,5 kW; 220/380V; Δ/Y; 50 Hz; 6,2/3,6A; 1400 rpm; kelas B; faktor
daya 0.84 tertinggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motor bekerja lebih baik dan lebih efisien jika kapasitor jalan
diletakkan pada sisi kumparan dengan impedansi yang lebih besar. Motor dapat bekerja dengan menggunakan kapasitor
25,9μ F pada beban 95,14%, kecepatan 1400 rpm, faktor daya 0,99 mendahului, dengan distorsi harmonik arus yang lebih
rendah.

PENDAHULUAN
Pengoperasian motor induksi 3-fasa pada sistem
tenaga listrik AC 1-fasa sangat dibutuhkan pada
daerah pertanian, industri kecil dan daerah tertentu
yang hanya mempunyai sistem tenaga listrik 1-fasa,
sedangkan mereka membutuhkan motor penggerak
dengan daya yang besar (motor induksi 3-fasa) yang
secara normal harus dioperasikan pada sistem tenaga
listrik 3-fasa Dalam sistem pengoperasian motor induksi 1-fasa,
kapasitor boleh diletakkan pada sisi kumparan bantu
(impedansi lebih besar) atau pada sisi kumparan
utama (impedansi lebih) asal kapasitor yang
digunakan dapat menggerakkan motor [4]. Berdasarkan
kondisi ini, maka penelitian ini dimaksudkan
untuk merancang metode baru dalam mengoperasikan
motor induksi 3-fasa pada sistem tenaga
1-fasa dengan cara menempatkan kapasitor pada sisi
kumparan dengan impedansi yang lebih besar
(kumparan bantu).
Secara umum, untuk mengoperasian motor induksi
3-fase pada sistem tenaga 1-fase dengan menggunakan
kapasitor dapat dilakukan dengan cara
mengubah bentuk rangkaian kumparan motor
induksi 3-fase menjadi seperti rangkaian motor
induksi 1-fase jenis motor kapasitor,Salah satu cara agar motor induksi
3-fasa dapat digunakan dengan baik pada kondisi ini
adalah dengan mengoperasikan motor induksi 3-fasa
pada sistem tenaga listrik 1-fasa dengan menggunakan
kapasitor .
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka
diperoleh kesimpulan sebagai berikut.
1. Metode yang diusulkan untuk merancang kapasitor
jalan dalam mengoperasikan motor induksi
3-fasa pada sistem tenaga 1-fasa dapat bekerja
pada beban 91,14% beban penuh 3-fasanya pada
kecepatan standarnya (1400rpm). Walaupun demikian,
kondisi yang terbaik adalah mengoperasikan
motor dengan beban 82,85% dari beban
penuh 3-fasanya.
2. Motor dapat beropersi dengan metode usulan
dengan faktor daya yang mendekati satu (0,99),
THDi yang lebih kecil, dan dengan efisiensi yang
lebih tinggi dari keadaan normal.
3. Rumus yang diberikan untuk menghitung nilai
kapasitor yang tepat pada metode usulan mempunyai
tingkat keakuratan yang tinggi terhadap
hasil percobaan, sehingga sangat layak digunakan.
4. Metode yang diberikan mempunyai kinerja lebih
baik dan lebih efisien dari metode lama yang
umum digunakan karena hanya menggunakan
nilai kapasitansi kapasitor yang lebih kecil dengan
kemampuan yang lebih besar.



Zuriman Anthony
Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Padang



DAFTAR PUSTAKA
[1] Pillay P and Brzezinski, Induction motor
performance when fed from single to three
phase converter, IEEE No. 90/CH 29.35-
5/90/0000-004, 1990.
[2] Anthony Zuriman dan Efendi Asnal, “Sistem
pengaman motor induksi 3-fasa terhadap
gangguan hubung singkat satu fasa dengan cara
merubah sumber tegangan”, Prosiding SNVMS
2004, ISBN: 979-96964-1-0, 2004, hal. 643-
649.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar