Selasa, 01 Desember 2009

SISTEM KONTROL KATUP ALIRAN PADA PINTU BUS BERBASIS PNEUMATIK (Tugas 10)

Udara yang dimampatkan merupakan udara yang diambil dari sekitar lingkungan kemudian ditiupkan secara paksa ke dalam suatu tempat yang ukurannya relatif kecil.
Semua sistem yang menggunakan tenaga yang disimpan dalam bentuk udara yang dimampatkan serta dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu kerja disebut sistem pneumatika (pneumatik system).

Salah satu aplikasi dari sistem pneumatik adalah menggerakan pintu bus secara otomatis.Ini adalah salah satu dari sistem kontrol yang mengontrol pergerakan pintu bus tersebut dan manusia hanya menjadi operator untuk membuka dan menutup pintu bus.

Komponen yang dibutuhkan :

Kompresor : fungsinya adalah pensuplai udara yang dimampatkan untuk dimanfaatkan oleh tabung-tabung pneumatik.
Aktuator : bagian keluaran untuk mengubah energi suplai menjadi kerja yang dimanfaatkan.
Limit Switch : merupakan saklar yang dapat dioperasikan secara otomatis maupun non otomatis.
Katup Pengontrol Aliran : merupakan katup yang mengendalikan aliran udara yang melewatinya.

Cara kerja :

Pemampatan udara dilakukan menggunakan kompresor yang digerakkan oleh motor listrik ataupun motor bakar. Kompresor memampatkan udara ke dalam sebuah tangki penyimpan yang kuat yang disebut tangki penampung atau receiver dan tenaga/udara yang tersimpan di dalamnya siap digunakan. Komponen pneumatik utama yang digunakan dalam rancang bangun peralatan pada penelitian ini adalah katup (valve) dan tabung (cylinder). Katup-katup berfungsi sebagai pengendali atau pengontrol tabung, sedangkan tabung atau torak ataupun actuator bergerak secara ganda yaitu buka tutup berfungsi untuk menghasilkan gaya (force) serta gerak linier (linier motion) untuk melakukan suatu kerja/gerakan.
 

3 komentar: