Senin, 07 Desember 2009

TUGAS RINGKASAN 10 (RIAN ARDIYANTO/41407010011)

RANCANG BANGUN PROTOKOL PADA LAPISAN APLIKASI UNTUK PEMANTAUAN KUALITAS UDARA MELALUI JARINGAN TCP/IP

Alex Surapati
Program Studi Teknik Elektro FT, Universitas Bengkulu
Alexsurapati1@yahoo.com

Perkembangan teknologi industri semakin cepat. Banyak hasil-hasil perkembangan industri yang berdampak positif, adapula yang berdampak negatif. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah pencemaran limbah. Limbah yang sering dihasilkan salah satunya adalah limbah udara. Pencemaran udara merupakan masalah yang perlu segera untuk diatasi. Maka dari itu perlu alat pemantau kualitas udara yang dapat beroperasi secara terus-menerus dan dapat dipantau langsung. Sehingga apabila terdapat pencemaran udara maka dapat langsung dilakukan tindakan.

Materi yang digunakan dalam penelitian ini antara lain bahan acuan tentang penelitian dan pelaksanaan pemantauan kualitas udara, baik perangkat keras maupun perangkat lunak dan bahan acuan tentang penelitian bidang desain protokol lapisan aplikasi serta bahasa pemograman JAVA, MySQL, PHP, dan JPGraph. Alat yang digunakan berupa dua buah komputer, modem, dan network card.

Berdasarkan hasil penelitian dan analitis diperoleh rancangan protokol pada lapisan aplikasi untuk komunikasi antara server stasiun pusat dan klien stasiun pemantau kualitas udara yang disebut dengan Simple Remote Measurement Protocol (SRMP). perancangan protokol ini dapat diimplementasikan dengan membuat prototipe program server stasiun pusat, stasiun pemantau, dan halaman web pemantau kualitas udara.

Link : http://jipiunib.tripod.com/LP/2005/38.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar